Kamis, 14 Agustus 2014

ObjectOrientedProgrammingConcept

OOP
·         Object Oriented Programming (OOP) adalah teknik untuk membuat program berorientasi objek.
·         Sebuah objek yang dijelaskan oleh entitas di dunia nyata yang dapat diidentifikasi secara jelas. Contoh: siswa, mobil, meja dan hal-hal lain yang dapat dilihat sebagai objek.
·         Obyek dalam bahasa pemrograman harus memiliki perilaku / metode, properti, jenis, dan identitas.
·         Semua data dan fungsi dibungkus dalam kelas dan objek.
·         OOP menyediakan fasilitas untuk menulis sebuah program untuk mengubah objek yang sebenarnya dalam kode pemrograman komponen.
Keuntungan dari OOP
·         Sebuah bahasa berorientasi objek seperti Java menggabungkan kemampuan bahasa dalam prosedur dengan menambahkan dimensi yang menyediakan: lebih fleksibel, jelas, lebih mudah digunakan kembali melalui abstraksi, enkapsulasi, inheritance, dan polymorphism.
·         Keunggulan lain dari OOP:
Ø  Memungkinkan penggunaan pemodelan dunia nyata
Ø  Mendukung penggunaan kembali kode yang ada
Ø  Memberikan fleksibilitas dalam memodifikasi aplikasi yang ada
Ø  Membantu dengan kemudahan pemeliharaan kode yang ada
Class and Object
·         Kelas: Koleksi definisi data dan metode dalam unit untuk tujuan tertentu. Template adalah cetak biru yang mendefinisikan apa objek data dan metode.
·         Object: representasi dari Kelas
·         Kelas Contoh: seorang pria, yang memiliki nama, umur, tinggi, berat, dan warna dan jenis rambut (data objek / alam) dan juga untuk makan, berjalan, bermain, dan tidur (perilaku / method).
·         Obyek Contoh: Bernard adalah 19 tahun 170cm tinggi, berat 70 kg, rambut hitam keriting, kegiatan seperti makan, tidur, bermain dan jalan.
Kelas merupakan cetakan atau blueprint atau prototype, hasil dari cetakan itu disebut objek. Contoh pesawat Boeing 737 dibuat dengan rancangan yang sama, rancangan pesawat ini disebut kelas. Hasil rancangan itu menjadi pesawat Boeing 737 yang disebut objek. Pesawat-pesawat hasil rancangan tadi bisa memiliki warna, nama yang berbeda-beda tergantung perusahaan penerbangannya. Disini jelas bahwa objek memiliki sifat independen. Objek adalah instance dari kelas, satu kelas bisa memiliki beberapa objek.
simak gambar di bawah ini……….!!!!! 

Method/Behavior                                                                                     
         Ability of objects
         Semua proses kerja dan perilaku obyek direpresentasikan / dijelaskan dengan metode ini.
         Contoh: Orang bisa bicara / bertanya, berjalan, makan, tidur dan istirahat.
Abstraction
         Kemampuan sebuah program untuk melewati aspek informasi yang diproses olehnya, yaitu kemampuan untuk fokus pada inti.
         Melaksanakan pemisahan kelas pengguna kelas
         Fokus pada karakteristik objek yang membedakan satu jenis dari objek lain
         Setiap objek dalam sistem melayani sebagai model dari "aktor" yang dapat melakukan pekerjaan abstrak, laporan dan perubahan keadaan, dan berkomunikasi dengan obyek lain dalam sistem, tanpa mengungkapkan bagaimana kelebihan ini diterapkan.
Encapsulation
         Rincian pelaksanaan ditampilkan dalam ringkasan dan disembunyikan dari pengguna.
         Objek pengguna tidak dapat mengubah situasi dengan cara yang tidak layak, hanya metode di mana objek yang diberi izin untuk mengakses situasi.
Inheritance
         Warisan properti dari kelas lain (kelas induk), sehingga memiliki karakteristik atau sifat kelas.
         Setiap kelas hanya dapat memiliki satu kelas induk (superclass), dan kelas induknya masing-masing mungkin memiliki kelas anak (subclass) yang tidak terbatas.
         Pada OOP memungkinkan untuk kelas medefinisikan umum (kelas umum) dan yang baru untuk mengatur beberapa kelas dengan menambahkan beberapa detail kode sederhana dengan menggunakan definisi kelas lama.
Polymorphism
         Salah satu metode memiliki perilaku banyak implementasi
         Kemampuan suatu objek memiliki berbagai bentuk tergantung pada situasi.
         Polimorfisme menyediakan fleksibilitas untuk keperluannya aplikasi berbasis
         Menyederhanakan kode dan mengurangi kode pengerjaan yang sama seperti yang diperlukan dalam mengembangkan dan memodifikasi aplikasi.
         warisan Kelas dapat diimplementasikan dengan interface atau keduanya

Membuat program Disket.java

public class Kotak
{
            int panjang = 30;
            final int LEBAR = 30;
            String warna = "Hitam";
            String bentuk = "Persegi";
            String data = "";
            Disket()
{
            panjang= 300 ;
}
Kotak(int panjang1)
{
            this.panjang = panjang1;
            }
            void simpanData(String data1)
{
            this.data += data1;
}
            void hapusData()
{
                        data = "";
}
            String bacaData()
{
            return data;
}
}

Membuat program MainKotak.java

class MainKotak
{
            public static void main (String[] args)

{
            Kotak kotak1 = new Kotak(100);
            System.out.println("Panjang Kotak = "+kotak1.panjang);
            System.out.println("Lebar Kotak = "+ kotak1.LEBAR);
          System.out.println("Warna Kotak = "+ kotak1.warna);
          System.out.println("Bentuk Kotak = "+ kotak1.bentuk);
          System.out.println("Isi Kotak = "+ kotak1.bacaData());
            kotak1.simpanData("File java");
          System.out.println("SimpanData ="+ kotak1.bacaData());
          disk1.hapusData();
          System.out.println("hapusData = "+ kotak1.bacaData());
    }
}

Tidak ada komentar:

Posting Komentar