Kamis, 14 Agustus 2014

Class and Object

Class for Object
·         Kelas adalah template dari objek, yang mendefinisikan sifat-sifat benda, dan memberikan konstruktor untuk membuat objek dan metode untuk memanipulasi objek.
·         kelas A juga merupakan jenis data, dapat digunakan untuk mengekspresikan objek yang direferensikan oleh variabel.
·         Object adalah representasi dari kelas
·         Banyak benda yang bisa dibuat hanya menggunakan satu kelas
·         Sebuah objek kelas memiliki:
v  Identitas Unik
v  Negara - data lapangan, properti.
v  Perilaku - satu atau satu set metode atau fungsi
·         Gunakan operator baru untuk membuat objek dan Operator dot (.) Untuk mengakses objek anggota
Circle obj = new Circle();
System.out.println(“area radius of the circle is ” + obj.getArea());
Constructor
        Digunakan untuk membuat objek
        Penerbangan pertama pada saat benda itu dibuat menggunakan operator baru.
        memiliki nama yang sama dengan nama kelasnya.
        tidak ada jenis maupun kembali tipe data batal.        
Access Modifier
        Sering dikenal dengan visibilitas atau aksesibilitas pengubah
        Untuk melindungi anggota kelas (data dan metode) yang ada di kelas.
        Pribadi: menyembunyikan anggota kelas sehingga tidak dapat diakses dari luar kelas
        Protected: memungkinkan anggota kelas dapat diakses oleh kelas atau turunannya di kelas beberapa paket serupa.
        Umum: memungkinkan kelas anggota dapat diakses oleh kelas kelas lain
        Paket: digunakan untuk mengatur kelas. Jika kelas yang diciptakan tanpa menggunakan pernyataan paket, kelas akan ditempatkan dalam paket default.
Method
         Ability of objects
         Dalam bahasa pemrograman dikenal sebagai fungsi / prosedur
         Spesifikasi metode header
modifier return_value_type method_name(parameters)
{
            // Function contain
}
         Passing parameter dengan nilai mengirimkan nilai fungsi yang ada di kelas.
         Fungsi memungkinkan untuk nilai kembali. Hanya kekosongan yang tidak mengembalikan nilai dari metode
         Sebuah fungsi akan mengembalikan nilai sesuai dengan fungsi tipe data.
         Keuntungan dari Metode:
v  Reusable. Fungsi dapat digunakan untuk mengurangi coding berulang dan coding yang sama dapat digunakan berulang kali oleh menyerukan nama fungsi dan dapat digunakan dalam program lain.
v  modularize. Fungsi membuat kode ke dalam modul, sehingga mudah untuk mencari kesalahan dan meningkatkan kualitas program.
v  Maintainable. Mudah untuk mempertahankan.
Overloading Method
Memiliki dua atau lebih nama untuk fungsi yang sama dalam satu kelas dengan urutan parameter yang berbeda.
public class TestOverloading
{         
            public static int max( int a, int b, int c )
            {
                        if ( a > b )
                        return a;
                        else
                        return b;
            }
            public static double max( double a, double b )
            {
                        if ( a > b )
                        return a;
                        else
                        return b;
            }
            public static double max( double a, double b, double c )
            {
                        return max( max( a , b ) , c );
            }
}
Abstract Method
         Dummy Kode Metode.
         Selalu didefinisikan dalam kelas abstrak.
         Kelas Abstrak: Kelas yang dinyatakan secara abstrak, tidak bisa menjadi nyata, tetapi dapat digunakan dalam subclass.
         Tidak ada implementasi.
         Tidak memiliki isi coding dalam fungsi
         End di titik koma (;)
public abstract class Lingkaran
{
      private double radius;
      public void setRadius ( double x )
      {
                  radius = x;
      }
      public abstract double getArea();
      public abstract void setRadius();
}
Static Variables and Methods
         radius Variabel dalam kelas Lingkaran adalah variabel instansi
         Jika Anda ingin menggunakan semua data dari seluruh acara (misalnya) di kelas, menggunakan variabel statis.
         Static nilai Variabel simpan dalam memori lokal.
         Metode statis dapat dipanggil tanpa membuat objek dari kelas.
public class Circle
{
            private double radius;
            private static int numberofObject = 0;  //static variable
            public static int getArea()
            {          //static method
            return numberofObject++;
            }
}
Constants
         Digunakan oleh semua benda di kelas
         Harus dinyatakan dengan static keywordfinal
Contoh: PI konstan dalam kelas Matematika
                        final static double PI = 3.14159265358979323846;
Inner Class
         Dikenal sebagai kelas bersarang.
         Ditetapkan di kelas yang disebut Outer Class.
         Dapat mengakses semua anggota kelas yang telah didefinisikan dalam Kelas Outer
         Buat program untuk menjadi sederhana dan ringkas
         Dapat dinyatakan dengan akses modifier
         Dapat dinyatakan dengan variabel statis.
         Sebuah kelas batin statis tidak dapat diakses oleh anggota non-statis dari Outer Kelas
Contoh untuk Inner Class
public class OuterClass
{
            private int data;
            public void m()
            {   //functions that exist in the outer class
                        //statement
            }
            //an inner class which exist in the outer class
            class InnerClass
            {
                        public void mi()
                        {  //function that exist in inner class
                                    data++;  //could directly access the outer class member
                                    m();
                        }
            }
}


Tidak ada komentar:

Posting Komentar